Jumat, 13 Mei 2016

Pantai Jogan, Spot Terbaik Melihat Air Terjun dan Pantai Sekaligus Di Jogja

Siapa bilang untuk melihat pantai dan air terjun di satu tempat cuma bisa di pantai banyu tibo, pacitan saja, di jogja juga ada tempat seperti itu lho, namanya pantai jogan yang terletak di gunung kidul, tidak salah lagi memang bagian selatan jogja menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik.




pemandangan air terjun pantai jogan 
air terjunnya keren ya. foto : tris.hr




Contohnya saja jejeran pantai pantai indah seperti parangtritisindrayanti dan pantai jogan ini sendiri, walaupun kita tahu laut selatan terkenal dengan ombaknya yang sangat besar, namun tak menyurutkan animo wisatawan untuk tetap datang.

Pantai jogan bisa dibilang merupakan surga tersembunyi di jogja, tidak banyak orang yang tahu mengenai keberadaan pantai jogan ini, karakteristik dari pantai jogan yaitu terdapatnya sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Aliran air terjun ini langsung menuju pantai, sehingga menjadikan pemandangan sangat unik dan indah, disebut unik karena biasanya air terjun hanya terdapat di pegunungan saja, tapi ini malah ada di pinggir pantai.

baca juga : daftar tempat wisata di jogja yang wajib kamu kunjungi




foto cantiknya pantai jogan 
cantik pemandangannya apa orangnya ? foto : putripati05




Berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, disini tidak terdapat hamparan pasir putih yang bisa kita gunakan untuk bersantai, kita hanya akan menemukan bebatuan di bawah air terjun, jadi jangan harap saat datang kesini kamu bisa berguling guling di pasir ya.

Nah, sebagai gantinya, kita bisa bersantai diatas tebing untuk menikmati keindahan pantai jogan, ombak besar di pantai ini langsung menghantam ke tebing dan bebatuan karang, jadi jika kamu sedang berada di bawah, harus hati hati ya.

Lokasi ini juga sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana tenang bersama alam, melipirlah sejenak ke bagian yang sepi pengunjung, duduk dibawah pepohonan diatas tebing dengan backsound suara deburan ombak yang menghantam karang menjadikan suasana kian menenangkan.

baca juga : ini dia spot menarik di jogja untuk menikmati indahnya sunrise dan sunset




foto canyoning di pantai jogan jogja 
canyoning di pantai jogan seru lho. foto : setya.dian




Untuk menikmati segarnya air terjun, kita harus terlebih dahulu menuruni tebing, nah, terdapat beberapa cara yang bisa kita coba untuk menuruni tebing pantai jogan ini, yaitu dengan menyusuri jalan setapak berupa bebatuan di pinggir tebing, namun kita harus ekstra hati hati karena batu yang kita pijak cukup licin, tapi tenang, sekarang jalan tersebut sudah terdapat tangga dari bambu yang memudahkan kita dan yang kedua adalah dengan cara rappeling (menuruni langsung dari air terjun).
Cara yang kedua menjadi pilihan favorit bagi sebagian wisatawan yang menyukai kegiatan menantang, karena kita harus menggunakan peralatan khusus dan keahlian untuk bisa menuruni air terjun ini.

Tak hanya itu, lokasi wisata ini sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi, pemandangan indah dan unik menjadi daya tarik banyak fotografer untuk mengabadikannya, bahkan tak jarang pula pantai jogan dijadikan sebagai tempat foto prewedding.

Akses menuju lokasi juga cukup mudah, karena jalanan sudah beraspal, namun yang perlu diingat adalah jalurnya yang berliku-liku naik turun khas gunung kidul, lokasinya berada di sebelah timur pantai siung, jadi jika kamu sudah menemukan pantai siung itu berarti perjalanan kamu sudah dekat.

baca juga : kedung pedut, air terjun unik di jogja dengan warna air hijau tosca 



foto pemandangan di pantai jogan 
pemandangan di pantai jogan. foto : r.rzkyana






Tips Saat Berlibur Ke Pantai Jogan :


  • bawalah bekal sendiri, karena penjual makanan disini tidak terlalu banyak.
  • jangan buang sampah sembarangan, dan hati hati saat berada di pinggir pantai.
  • waktu yang paling tepat adalah saat air lau sedang surut, jadi ombak tidak terlalu besar dan berbahaya.
  • bagi kamu yang menyukai kegiatan memacu adrenalin, cobalah menuruni air terjun dengan cara reppeling.





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 71 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 3 menit)
  • 67 km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar