Jumat, 13 Mei 2016

Pulau Beras Basah Objek Wisata Pantai Pasir Putih di Kota Bontang

Pernah mengunjungi tempat wisata pasir putih ?. kali ini twisata akan mengulas mengenai tempat wisata pasir putih Pulau Beras Basah yang berada di Kota Bontang - Samarinda.
Pulau Beras Basah merupakan tempat wisata yang berada di Kota Bontang, Bumi Etam Provinsi Kalimantan Timur, tempat ini menawarkan pesona keindahan bahari yang sangat memukau. Bagi anda ingin menenangkan pikiran akibat rutinitas yang sangat padat, tempat ini sangat cocok sekali untuk Anda. disini Anda akan menemukan pemandangan laut yang berbeda. dengan kondisi air laut yang sangat jernih ditambah kondisi pantai pasir putih yang masih bersih. Anda juga bisa melihat keindahan pemandangan di dasar laut dan sesekali ikan - ikan kecil yang hidup di sekitarobjek wisata Pulau Beras Basah terlihat dengan beiringan sangat menarik untuk dinikmati.
Pengunjung yang pertama kali datang kesini akan disambut dengan sebuah mercusuar yang menjulang tinggi. boleh dibilang tempat ini memang masih alami, disini anda akan menemukan rerimbunan pohon bakau dan dijuga keindahan pulau - pulau kecil yang ada disekitarnya yang kesemuanya belum ada yang menghuninya, tidak hanya itu Anda juga bisa melihat perkampungan - perkampungan yang terletak diatas permukaan air laut, dan semuanya tidak berhubungan dengan daratan.

Sejarah Singkat Pulau Beras Basah

Menurut cerita rakyat yang berkembang disana, istilah Beras Basah berasal dari cerita perjalanan kapal milik kasultanan kutai. Dahulu pada masa kejayaan Kerajaan Kutai ada sebuah kapal yang merupakan kapal milik kasultanan kutai, kapal ini berlayar diselat makasar dan bertujuan untuk mengantar bahan makanan berupa Beras, ditengah perjalanan kepal ini mengalami musibah dan karam. Kejadian itu mengakibatkan tumpahnya barang bawaan yang berupa beras tersebut. karena perairan disekitar tenggelamnya kapal itu dangkal, mengakibatkan beras - beras yang dibawah tidak semuanya tenggelam, akan tetapi membentuk sebuah gundukan. selang beberapa waktu gungukan beras - beras tersebut berubah bentuk menjadi sebuah pulau dengan pasir yang berwarna putih.

Rute Perjalanan Ke Pulau Beras Basah

Mengunjungi tempat ini tidaklah sulit, bagi Anda yang berasal dari daerah diluar kota, Anda bisa menggunakan sarana transportasi udara dengan tujuan ke kota Balikpapan, dari sini perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi Bus dengan kisaran waktu 5 jam perjalanan hingga sampai di Bontang, kemudian Anda bisa menyewa trasnportasi kapal disekitar Tanjung Laut dan Bontang Kuala untuk menuju Pulau Beras Basah.
pulau-beras-basah
Sesampai di Pulau Beras Basah Anda tidak akan menemukan penginapan dan penjual makanan, jadi sebelum menuju ke pulau ini sebaiknya menyiapkan perbekalan di Kota Bontang. dan bagi Anda yang membutuhkan penginapan bisa mencari di Kota Bontang banyak juga ditemukan penginapan dan hotel.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Menikmati pemandangan pantai yang bersih sangat mengasikan bukan ?. disini Anda akan menemukan suasana seperti itu. disamping Anda juga bisa berenang di sekitar Pulau Beras Basah karena ombak disini tidaklah besar jadi aman utuk berenang bersama sanak saudara.
Bagi Anda yang ingin mengelilingi pantai di Pulau Beras Basah, Anda tinggal memesan kapal yang Anda tumpangi untuk mengantar Anda mengelilingi kawasan laut di Pulau Beras Basah. Sedangkan Anda yang ingin menikmati rindangnya pohon kelapa dipinggir pantai disini juga bisa Anda dapatkan, ditempat ini juga disediakan gazebo untuk pengunjung agar bisa beristirahat serta terdapat tempat ibadah bagi Anda yang akan melakukan ibadah.

Tips Berwisata ke Pulau Beras Basah

Untuk berwisata ke tempat ini ada baiknya Anda menyiapkan perbekalan seperti makanan dan minuman serta makanan ringan yang bisa Anda beli di Kota Bontang, disamping itu Anda juga bisa mencari penginapan terlebih dahulu agar bisa memperkirakan lokasi penginapan mana yang bisa Anda gunakan nantinya. selain itu bagi Anda yang berasal dari luar kota, barang - barang yang ada bawa nantinya bisa diletakan di penginapan tersebut. sesampai ditujuan wisata jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Itulah ulasan mengenai objek wisata Pulau Beras Basah, semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda yang akan mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar