Jumat, 13 Mei 2016

Panduan Tempat Wisata di Garut Yang Menarik

wisata garut
Salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik adalah kota Garut. Obyek menarik di kawasan ini cukup variatif, mulai dari keindahan alam seperti gunung, danau bahkan laut. Selain itu, di sini anda juga dapat berbelanja kuliner dodol yang sangat terkenal serta kerajinan jaket kulit yang pada umumnya terbuat dari kulit Domba. Berwisata ke Garut perlu anda lakukan sebagai refreshing terutama jika anda berasal dari kota Besar. Hawa yang sejuk di tempat ini serta kedamaian khas kota kecil sangat tepat sebagai tujuan liburan anda.
Kota ini tidak memiliki bandara maupun pelabuhan laut hingga saat ini. Jadi cara terbaik menuju Garut untuk melihat keindahan obyek wisata adalah dengan perjalanan darat menggunakan mobil, kendaraan sepeda motor maupun bis umum. Jika anda berangkat dari wilayah Bandung, maka jarak tempuh sekitar satu jam atau sekitar 64 kilometer. Atau jika anda berasal dari jawa tengah, maka di pertigaan Nagrek, arahkan kendaraan anda ke kiri menuju arah ke Ciamis.
Adapun obyek menarik di wilayah Garut yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah:
  1. Kawasan Cipanas. Dari pusat kota hanya sepuluh menit atau kurang dari 5 KM. Tempat ini adalah yang paling populer dan menjadi tujuan wisata utama. Hawa yang sejuk dengan ciri khas air yang panas menghiasi kawasan di kaki gunung Guntur ini. Biasanya pengunjung yang datang ke Garut untuk kepentingan bisnis atau lainnya, lebih memilih Cipanas sebagai tempat menginap. Apalagi jika tujuannya untuk berlibur. Jika liburan yang anda lakukan bersama keluarga dan anak-anak, maka di sini tersedia waterboom yang menarik dengan kolam air panas. Unik, bukan? Semua air termasuk di sungai di kawasan ini memang cukup hangat dan cenderung panas jika semakin mendekati mata air.
    cipanas garut
    Cipanas Garut
  2. Situ Bagendit. Danau indah di wilayah Garut yang dapat anda kunjungi sebelum memasuki kota. Tempat wisata ini berada di wilayah Sukamukti di Banyuresmi, dekat dengan Limbangan. Jadi jika anda datang dari Nagrek, sebaiknya kunjungi dahulu Situ Bagendit ini. Tetapi jika anda sudah terlanjur menginap di Cipanas, anda dapat mengunjungi danau ini dengan jarak sekitar 4 KM dari pusat kota. Bagi yang menyukai fotografi, obyek ini sangat cocok sebagai lokasi hunting foto karena keindahan alamnya. Biasanya angle yang dibidik berupa nelayan yang sedang mengayuh rakit di tengah danau. Kawasan danau ini tidak terlalu banyak menyedot pengunjung kecuali jika libur panjang atau hari raya.
    situ bagendit
    Situ Bagendit
  3. Pantai Rancabuaya. Keindahan pantai ini adalah dengan keberadaan gugusan karang tajam yang menjadi penghalang ombak samudera Hindia. Di sini juga terdapat fenomena langka yang menarik berupa air terjun yang langsung mengarah ke laut. Kondisi ini mirip dengan pantai Jogan di Yogyakarta, tetapi yang di Rancabuaya tidak terlalu tinggi. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, silakan arahkan kendaraan anda dari kota Garut menuju pameungpeuk dengan waktu sekitar 2 jam. Tetapi anda berangkat dari kota Bandung, jalur terbaik adalah via area Ciwidey dan Pangalengan dengan waktu tempuh 3 jam.
    pantai rancabuaya
    Rancabuaya
  4. Pantai Santolo. Berada di kecamatan Cikelet. Dan cukup dekat dengan pantai Rancabuaya. Obyek yang menarik dan populer di Garut ini menawarkan keindahan pantai pasir putih. Di tempat wisata ini terdapat obyek menarik bagaikan pulau kecil berkarang yang hanya berjarak 25 meter dari garis pantai. Tetapi karena perairannya cukup dalam, biasanya wisatawan menyeberang dengan menggunakan perahu. Berfoto di kawasan ini adalah kegiatan yang mengasyikan dan bahkan sering lupa waktu. Keindahannya sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi jika menjelang matahari terbenam.
    pantai santolo
    Pantai Santolo
  5. Curug Orok. Obyek wisata ini bagaikan air terjun yang sesungguhnya. Ketinggiannya mencapai 45 meter. Jadi terbayang, bukan? Bahwa tempat ini lebih tinggi daripada air terjun di Lombok. Lokasinya berada di kaki gunung Papandayan dan dapat ditempuh dengan jarak 35 KM dari kota Garut via perkebunan teh Cikajang. Saat tiba di lokasi parkir kendaraan, anda dapat berjalan kaki sejauh 200 meter menuju Curug Orok. Tetapi anda perlu berhati-hati karena turunannya cukup tajam dan licin serta berupa jalan setapak yang berundak.
    curug orok
    curug orok
  6. Gunung Papandayan. Keindahan gunung ini sangat memukau dan menjadi impian para pendaki. Wisata petualangan yang membutuhkan kondisi fisik prima ini semakin dipercantik dengan keberadaan hutan mati yang berada di puncak gunung. Silakan lihat pada foto yang kami sampaikan di bawah ini, siapapun pasti tertarik mengunjungi hutan mati dan berfoto di tempat tersebut. Fotografer biasanya berhenti di hutan mati atau setidaknya melanjutkan perjalanan hingga ke padang edelweis. Jika anda tertarik berwisata ke gunung Papandayan di Garut, silakan arahkan kendaraan menuju Cisurupan, lalu dilanjutkan dengan menggunakan ojek selama satu jam hingga kaki gunung.
    gunung papandayan
    Gunung Papandayan
  7. Candi Cangkuang. Obyek religi bagi umat Hindu ini berada di desa Cangkuang, Leles, garut. Cagar budaya yang layak anda kunjungi ini cukup unik karena untuk mencapainya perlu menggunakan rakit karena berada di pulau di tengah danau. Biasanya wisatawan yang hadir ke tempat ini adalah penganut agama lain yang suka akan keindahan alam sekitar danau Cangkuang.
    candi di garut
    Candi Cangkuang
  8. Kampung Sampireun. Tempat wisata dengan alam yang eksotis yang dilengkapi dengan resort cantik yang berada di tengah danau. Saat ini, resort yang bernama kampung Sampireun ini adalah yang termahal di wilayah Garut. Tersedia children playground yang disukai oleh anak-anak di kawasan yang berhawa sejuk ini. Jika anda ingin menginap di sini, maka cara menuju cottage yang dipilih, dengan menggunakan sampan kecil. Sungguh suatu liburan yang romantis di Kampung Sampireun.
    Kampung Sampireun
    Kampung Sampireun
  9. Kawah Telaga Bodas. Sesuai artinya, berarti “danau putih”. Tempat wisata ini sangat mirip dengan kawah putih di Ciwidey. Lokasinya berada di Wanaraja, dan dapat ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Garut. Bukan karena jauhnya perjalanan maka membutuhkan waktu satu jam, melainkan karena kondisi jalan yang kurang baik hingga ke Kawah Telaga Bodas ini. Tetapi, siapapun yang berkunjung ke danau ini pasti sepakat bahwa keindahannya mampu menghipnotis wisatawan, sehingga lupa dengan kejengkelan akibat kondisi jalan yang dilalui.
    kawah telaga bodas
    Telaga Bodas
  10. Arung Jeram Sungai Cimanuk. Liburan dengan petualangan yang menegangkan adalah hal utama yang ditawarkan rafting sungai Cimanuk kepada wisatawan. Tempat ini berada di Bayongbong, Garut, dan masih dalam kawasan kaki gunung Papandayan. Menaklukan jeram di sungai ini merupakan kegiatan refreshing yang sangat menyenangkan. Tingkat kesukaran pada grade 3, menjadikan rafting Sungai Cimanuk sangat difavoritkan. Obyek ini memang bisa disamakan dengan grade 3 jeram yang ada di sungai Ayung yang merupakan tempat wisata andalan Ubud bali.
    rafting cimanuk
    Sungai Cimanuk
Demikianlah informasi dan panduan tempat wisata yang menarik di wilayah Garut, Jawa barat. Dan sebagai penutup, kami ingin memberikan saran bagi wisatawan serta peta petunjuk wilayah setempat di bawah ini.
Saran, Tips dan Peta
  • Sebaiknya pelajari obyek yang ingin dikunjungi, mengingat beberapa tempat memiliki syarat khusus fisik yang prima seperti mendaki gunung dan arung jeram.
  • Jika anda ingin mengunjungi kawasan pantai di wilayah Pameungpeuk Garut, berhati-hatilah. Karena pantai-pantai tersebut langsung berbatasan dengan samudera sehingga ombaknya cukup besar.
  • Sebaiknya bawa baju renang jika ingin berwisata di kawasan Cipanas. Karena sebagian besar hotel yang ada di tempat ini memiliki kolam renang dan kolam rendam air panas.
  • Masih di daerah Cipanas, sebaiknya anda melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin menginap. Karena di hari libur maupun akhir pekan, banyak penginapan yangoverbooked.
  • Pastikan kendaraan yang anda gunakan cukup nyaman dan dalam kondisi prima karena sebagian tempat wisata di wilayah Garut ini memiliki medan perjalanan yang cukup sulit karena berada di lereng pegunungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar