Jumat, 13 Mei 2016

Pemandian Air Panas Tirta Sanita di Bogor

Sekilas tentang Bogor merupakan salah satu kota penting di Indonesia khususnya Jawa Barat karena kota ini memiliki nilai sejarah yang sangat panjang. Berbagai tata kehidupan di bidang sosial, seni, politik dan keramah-tamahan masyarakatnya menjadikan Bogor sebagai kota bermartabat. Seluruh kendali penjajahan Hindia-Belanda dilakukan di kota ini, sebagian lainnya adalah di Kota Bandung, Surabaya dan Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peninggalan penjajah yang hingga kini masih terawat dengan baik seperti: Pemandian Air Panas Tirta Sanita, Museum Zoologi Bogor, Etnobotanical Bogor, IPB, istana presiden dan tempat lainnya yang memiliki sejarah penting. Hal ini mendorong kota Bogor menjadi destinasi wisata yang popoler di Indonesia. Salah satu tempat wisata murah yang harus anda coba di Kota bogor adalah pemandian air panas Tirta Sanita yang berada di area gunung kapur Ciseeng, Parung atau lebih tepatnya di Jl. Cogreg Ds. Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Obyek ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Akses Menuju Lokasi Tirta Sanita

pemandian air panas parung
Tirta Sanita
Jika anda tertarik berwisata ke sini, lokasi pemandian air panas Tirta Sanita dapat ditempuh 1,5 jam perjalanan dari Jakarta melewati jalan tol Jagorawi, jika anda menggunakan motor maka melewati jalan Jakarta-Bogor via Cibinong. Akses lain adalah dari Tangerang, yang juga sangat mudah, hanya cukup masuk ke jalan Parung via Ciputat dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan. Atau anda juga dapat melalui Hutan Kota yang kedua di BSD, yang aksesnya lebih dekat lagi dengan lokasi pemandian air panas ini.

Harga Tiket Masuk

Berikut ini harga tiket masuk terbaru yang berlaku di pemandian Tirta Sanita Bogor.
Hari biasa (weekdays):
  • Anak – anak : Rp. 8000
  • Dewasa : Rp.10.000
Hari libur (weekend):
  • Anak-anak : Rp. 8000
  • Dewasa : Rp. 12.000
Parkir kendaraan bermotor:
  • Motor : Rp. 3000
  • Mobil : Rp. 5000
  • Bus : Rp.10.000
Tarif Wahana Yang Tersedia
  • Permainan: Rp. 5000 – Rp. 50.000 (per permainan)
  • Wahana outbound : Rp. 25.000- Rp. 35.000 (per wahana)
  • Berendam terbuka : Rp. 5000
  • Berendam tertutup : Rp. 15.000 (VIP) , Rp.10.000 (biasa) yang berlaku hanya 20 menit saja.

Kondisi Obyek Wisata

Setiap hari, banyak pengunjung berdatangan ke pemandian air panas ini dari berbagai daerah, serombongan keluarga dan pasangan kekasih pun ikut menikmati pesona wisata Tirta Sanita. Air belerang alaminya dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit terutama penyakit kulit. Sebelum anda memasuki kawasan utamanya saja di pintu masuk pun udara sudah mulai terasa sejuk dan akses transportasi lancar disambangin pemandangan nan eksotis. Di tengah perjalanan menuju pilar utama terdapat jajaran pohon palem raja di sampingnya ada tempat bermain anak, berjalan ke wahana utama juga anda akan menemukan kios kecil yang menjual ikan cupang yang dikemas dalam botol plastik kecil.
Namun yang paling membuat anda kagum adalah setelah sampai di wahana utama di mana terlihat gundukan batu putih seperti salju karena tumpukan mineral belerang alami sedangkan di sampingnya terlihat kolam berwarna hijau toska yang merupakan pusat air panasnya. Inilah yang membedakan Tirta Sanita Bogor dengan pemandian air panas Cimanggu, yang hanya berbentuk kolam renang buatan sebagai tempat menampung air panas alami. Di Tirta Sanita Bogor, ada kolam yang sifatnya terbuka ada pula yang tertutup. Jadi, untuk mendapatkan kenyamanan, pihak pengelola menyediakan kolam khusus yang disekat dengan bilik khusus untuk satu orang saja, karena ruangannya yang tidak terlalu banyak maka anda harus antri bergantian dengan pengunjung lainnya.


Setelah puas berendam di pemandian Tirta Sanita, anda bisa bersantai di tempat yang sudah disediakan, yang di depannya berupa hamparan pemandangan alam hijau berupa kebun dan wilayah terawat sehingga kesan wisata di sini seperti wisata di pegunungan. Selain air panas sebagai wahana utamanya, di sini pula terdapat outbound yang bisa dinikmati seperti bola air, sepeda air, motor cross, paint ball, rumah balon, kolam anak-anak dan terapi ikan. Di sini pula dibangun gedung serbaguna yang digunakan untuk pengadaan konser saat weekend. Akomodasi yang di sediakan di sini pula sudah lebih dari cukup seperti mushola, restoran, tempat istirahat dan fasilitas lainnya secara gratis. Memang, jika anda ingin mencari resort seperti yang ada di pemandian air panas di Kintamani (Toya Bungkah), sudah pasti anda akan kecewa. Karena hingga saat ini belum tersedia hotel di sekitar Tirta Sanita Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar