Jumat, 13 Mei 2016

Memacu Adrenalin Dengan Naik Gondola Di Pantai Timang

Gunung Kidul, seakan menjadi pusat wisata di jogja, banyak sekali objek wisata yang bisa kita coba seperti goa pindul hingga deretan pantai indah nan cantik seperti pantai kukup dan pok tunggal, namun apa kamu tahu jika di gunung kidul terdapat pantai unik ?

foto gondola di pantai timang 
foto : bayusukamtoputro


Namanya pantai timang, terletak di desa purwodad, keca,atan tepus, merupakan sebuah pantai yang memiliki pemandangan indah dengan pasir putih dan tumbuhan pandan yang tumbuh disekitar pantai, tapi ada satu hal unik yang menjadi daya tarik di pantai timang, yaitu gondola.

Bukan sekedar gondola biasa, gondola tradisional ini terbuat dari kayu yang menghubungkan bagian pantai dengan sebuah pulau karang di tengah pantai, gondola/gantole ini diikat dengan tali tambang, walaupun terlihat berbahaya tapi tenang saja, gantole ini cukup aman.

Gondola tersebut sebenarnya bukanlah fasilitas wisata yang disediakan pemerintah, sebenarnya fungsi dari gondola tersebut digunakan oleh nelayan untuk mencari lobster di pulau watu panjang tadi.
baca juga : berwisata sejarah di candi prambanan 

foto gantole pantai timang
 

Jarak antara pulau dengan pantai sekitar 100 meter, jika kamu ingin mencoba menaikinya, kamu bisa membayar sekitar Rp.200.000, memang cukup mahal, karena gondola tersebut digerakkan secara manual, bukan mesin, jadi kita akan ditarik oleh beberapa orang terlatih untuk sampai ke seberang.

Sebenarnya area pantai timang dibagi menjadi dua, yaitu area timur berupa pasir putih layaknya pantai lainnya, dan di sisi barat berupa tebing dimana terdapat pulau watu panjang, nah, disisi barat inilah kita bisa mencoba menaiki gondola tersebut.

Walaupun cukup terkenal di internet, nyatanya belum banyak orang yang mengetahui lokasi pantai timang, wajar saja karena lokasinya yang tersembunyi walaupun masih berada di deretan pantai gunung kidul lainnya.
baca juga : tempat wisata menarik di Jogja yang wajib dikunjungi 

foto indahnya pantai timang 
foto : irsaamelya


 

Jalan menuju objek wisata ini bukanlah jalan aspal, melainakan jalanan berbatu keras, mungkin bagi pecinta offroad jalur ini akan sangat menarik, tapi bagi kamu yang mencari wisata tanpa ribet tidak disarankan untuk berkunjung kesini.


Tips Saat Berlibur Ke Pantai Timang :


  • pastikan kendaraan kamu normal, karena jalur menuju kesana tidaklah mulus.
  • mungkin kamu akan sedikit sulit menemukan penginapan, kamu bisa mencari penginapan disekitar pantai baron.
  • lokasi ini cocok bagi kamu yang menyukai aktivitas memacu adrenalin.

foto pemandangan pantai tiamang 
foto : s.hani.d




Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • 74 Km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 13 menit)
  • 74 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (2 jam 13 menit)
  • 67 Km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 57 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar