Jumat, 13 Mei 2016

Pantai Menganti, Surga Tersembunyi Di Kebumen

Menilik Salah Satu Hidden Paradise




Kebumen, terdapat sebuah pantai yang menarik perhatian, namanya pantai menganti, terletak di desa karangduwur, kecamatan ayah, kabupaten kebumen, pantai ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di gunung kidul jogja, yaitu dikelilingi dengan perbukitan karst.


foto sunset di pantai menganti kebumen 
sunset di menganti beach. foto : inggil69

Ya, perbukitan karst menjadi ciri khas dari pantai yang ada di laut selatan, berbeda dengan kebanyakan pantai di kebumen yang memiliki pasir hitam, disini kita akan melihat hamparan pasir putih ditambah dengan birunya air laut.
baca juga : golden sunrise di gunung prau

Sebenarnya lokasi pantai menganti biasa digunakan sebagai tempat pelelangan ikan, disini kamu bisa melihat deretan perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai, namun seiring terkenalnya pantai ini, pemkab kebumen meresmikan pantai menganti sebagai tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Pemandangan kian indah jika kita naik keatas tebing, kita bisa melihat seluruh pesisir pantai menganti dari ketinggian, kita juga bisa naik ke mercusuar untuk melihat luasnya samudra hindia dan jejeran pantai lainnya seperti pantai karangbata dan pecaron.


foto indahnya sunset dari atas tebing pantai menganti 
sunset dari atas tebing. foto : novitadispriyani


Yang perlu diingat, karena laut selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, jadi kamu perlu berhati hati saat berenang disini, untuk menuju ke tempat tujuan tidaklah semulus yang kita bayangkan, kita akan melewati jalanan dengan berbagai medan, maka dari itu sebelumnya siapkan fisik yang fit, karena pantai menganti hanya untuk para petualang sejati yang rela bersusah payah menuju ke surga tersembunyi.

Karena aksesnya yang cukup sulit, jadi tidak banyak wisatawan yang datang kesini, namun jika kamu tidak datang kesini, maka kamu akan menyesal karena telah melewatkan salah satu hidden paradise di kebumen.
baca juga : indahnya pasir putih di dreamland beach

Walaupun aksesnya sulit, tapi fasilitas disini cukup memadai, seperti terdapatnya tempat parkir, toilet umum, dan warung makan, pun bagi kamu yang ingin menginap, sudah ada homestay di dekat kawasan pantai menganti, jadi kenapa tidak mencoba untuk kesini ?

foto pemandangan pantai menganti kebumen 
batuan karang di pinggir pantai. foto : nurnacantik


Tips Saat Berlibur Ke Pantai Menganti :

  • disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.
  • cobalah naik ke mercusuar yang terdapat di tebing sebelah timur.
  • lokasi ini sangat cocok untuk melihat sunrise dan sunset.
  • jangan buang sampah semabarangan ya.

foto perahu nelayan yang ada di pantai menganti 
deretan perahu nelayan yang berjejer. foto : wisatakebumen_


baca juga : labuan cermin, danau terindah di kalimantan timur 


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen
  • 43 km dari pusat kota Kebumen melalui Jl. Pangeran Diponegoro (1 jam 11 menit)
  • (prkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar