Jumat, 13 Mei 2016

Objek Wisata Pasar Terapung Tempat Andalan di Banjarmasin

Mengunjungi sebuah kota yang terletak di Kalimantan Selatan tepatnya di kawasan kota Banjarmasin mempunyai sensasi tersendiri bagi kita bersama keluarga. Dan kali ini twisata akan mengulas mengenai objek wisata Pasar Terapung yang terletak di kawasan kota ini dan merupakan objek wisata andalan Kota Banjarmasin.
Pasar Terapung merupakan sebuah pasar tradisional yang letaknya di atas sungai Barito dan buka antara pukul 06.30 sampai pukul 08.00 WIT. Para pedagang dan pembeli yang ada disini kesemuanya menggunakan sarana transportasi jukung ( perahu ) untuk menjajakan dan mencari barang dagangannya. Biasanya para wisatawan yang datang ke Kota Banjarmasin pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi pasar terapung ini karena pasar ini merupakan pasar unik yang hanya ada satu di Indonesia yaitu di Kota Banjarmasin.
Baca Juga : Objek Wisata Jatim Park Kota Batu

Sejarah Pasar Terapung

Tidak bisa dipungkiri keberadaan pasar terapung yang ada di kota Banjarmasin - Kalimantan Selatan ini tidak lepas dari kerajaan Banjar yang berdiri sekitar tahun 1595 M. Wilayah sekitar Pasar Apung sendiri pada masa itu dalam pengelolaannya di pimpin oleh Patih Masih dan Patih Kuin, mereka berdua menerima tugas dari pemerintah setempat untuk mengelola wilayah ini. Seiring dengan perkembangan kawasan ini, Pasar Apung dijadikan sebagai tujuan wisata andalan kota Banjarmasin.

Rute Menuju Pasar Terapung

Menunjungi objek wisata Pasar Terapung - Kalimantan Selatan ini tergolong cukup muda karena lokasinya yang berada didekat kota Banjarmasin, apabila Anda berasal dari luar kota, Anda bisa transit terlebih dahulu di bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Kalimantan Selatan, kemudian setelah sampai disini Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan Pasar Apung dengan menggunakan sarana transportasi perahu Klotok dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Pasar Terapung Banjarmasin

Menikmati suasana pasar apung merupakan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Banjarmasin, disini Anda bisa menemukan aktifitas jual beli barang yang dilakukan di atas sungai dengan menggunakan sarana transportasi perahu. Tidak hanya itu disepanjang sungai menuju tempat ini Anda juga bisa menyaksikan pemandangan rumah - rumah masyarakat warga sungai Barito yang semuanya terbuat dari kayu. Dan yang yang membuat Anda heran nantinya, rumah - rumah disini tidak mudah rusak walaupun bahan bangunannya terbuat dari kayu. Hal ini disebabkan kayu yang digunakan untuk membangun rumah masyarakat disini adalah kayu jenis Ulin yang terkenal kuat dan semakin kuat apabila terkena air.
Selain itu, apabila Anda mengunjungi Pulau Kembang, Anda dapat menyaksikan beberapa kawanan monyet ekor panjang yang banyak ditemukan di pulau ini. Para kawanan monyet disini biasanya akan menghampiri Anda dan mengincar makanan yang Anda bawa, selain monyet ekor panjang Anda juga akan menemukan kawanan monyet dengan bentuk hidung yang mancung.
Hal menarik yang bisa ditemui disini adalah Festival Pasar Apung yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Banjarmasin, Festival ini bertujuan untuk melestarikan Budaya setempat dan sebagai sarana untuk menarik perhatian wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Kuliner dan Oleh - Oleh Khas Banjarmasin

Menujungi objek wisata di Banjarmasin merupakan sebuah impian yang mesti diwujudkan, dan apabila kita kesini hanya menikmati keunikan dan panorama objek wisatanya tentunya tidaklah lengkap. Hal ini dikarenakan Kota Banjarmasin juga menyimpan banyak sekali kuliner yang harus Anda coba untuk memanjakan lidah Anda. Berikut ini adalah beberapa kuliner dan oleh - oleh yang bisa Anda coba dan Anda bawa pulang untuk keluarga Anda di rumah.

1. Lontong Orari

Kuliner yang satu ini pastinya akan menambah asiknya wisata Anda ke Banjarmasin, Lontong yang dihidangkan dengan guyuran opor nangka muda ini memiliki citarasa yang berbeda dengan yang Anda temui di daerah lain, karena bumbunya yang tidak memakai kunyit menjadikan kuliner ini tidak sekuning lontong di daerah lain.

2. Ketupat Kandangan

Dinamakan Ketupat Kandangan dikarenakan kuliner ini pertama kali yang menemukan adalah masyarakat Kab. Kandangan. Dihidangkan dengan kuah santan yang mirip dengan opor menjadikan sensasi tersendiri untuk menikmatinya. Tidak hanya itu taburan bawang goreng membuat gurih dan nikmat sekali di lidah.

3. Soto Banjar

Kuliner yang satu ini sudah sangat terkenal, dan pastinya sebagian dari Anda sudah pernah mendengar bahkan mencicipinya. Berbeda dengan soto pada umumnya, soto Banjar menggunakan ketupat sebagai pengganti nasi dan campuran bumbu dan rempah - rempah yang melengkapi lezatnya menyantap soto ini. Cara menyantapnya juga unik, yaitu dengan menggunakan tangan bukan memakai sendok, menarik sekali bukan ?.
Sebenarnya masih banyak sekali kuliner unik yang bisa Anda nikmati apabila Anda berkunjung ke Banjarmasin seperti Soto Susu Banjar, Patin Bakar, Pepes Patin, Sate Banjar dan Gangan Humbut. Sedangkan untuk oleh - oleh yang bisa Anda bawa pulang selama mengunjungi Kota Banjarmasin adalah sebagai berikut :

1. Batuan Mulia

Kalimantan terkenal dengan batu mulianya, disini hampir semua batu mulia ditemukan, mulai dari harga ribuan bahkan sampai milyaran rupiah. Apabila Anda berniat mencari oleh - oleh batu mulia, Anda bisa mengunjungi pusat batu mulia yang banyak ditemui disini.

2. Kain Sasirangan

Kenapa disebut dengan Kain Sasirangan karena dalam pengerjaanya dengan menggunakan metode pen-jelujur/lajur-an yang kemudian di simpul/diikat, dalam bahasa Banjar " Sa " mempunyai arti "Satu", sedangkan "Sirang" mempunyai arti " jelujur/lajur ".

3. Amplang

Amplang merupakan camilan sejenis kerupuk yang dibuat dengan bahan baku ikan pipih yang banyak ditemukan di sungai atau rawa - rawa. akan tetapi karena semakin sulitnya mencari bahan baku tersebut, masyarakat disini menggunakan ikan tenggiri atau ikan gabus sebagai bahan penggantinya. Bahan baku tadi dicampur dengan rempah - rempah serta bumbu yang khas.
Selain itu Anda juga bisa mencari oleh - oleh khas Kalimantan Selatan lainya seperti Panting ( Alat Musik ), Miniatur Rumah Adat dan juga kaos khas Kalimantan Selatan.
Baca Juga : Wisata Gunung Takuban Perahu

Tips Mengunjungi Pasar Terapung

Agar sensasi wisata Anda ke Pasar Terapung ini mempunyai nuansa yang tidak bisa dilupakan mungkin Anda bisa membaca beberapa tips dibawah ini :

1. Memilih Jenis Transportasi

Untuk mengunjungi Pasar Terapung ini bisa menggunakan dua jenis sarana transportasi yaitu menggunakan motor atau  mobil dan juga bisa menggunakan perahu kelotok, jadi bagi Anda yang suka dengan sensasi lain Anda bisa menggunakan perahu kelotok untuk mengujungi Pasar Terapung di Banjarmasin ini.

2. Pilih Waktu Yang Tepat

Pedagang yang menjajakan barang dagangan di Pasar Terapung ini ramai ditemui pada waktu pagi mulai 06.30 sampai pukul 08.00 WIT, jadi Anda harus mempersiapkan perlengkapan dimalam hari seperti kamera dan perlengkapan pendukungnya.

3. Perhatikan Barang Bawaan

Menikmati nuansa wisata disini memang sangat mengasikan, akan tetapi jangan sampai Anda lupa tidak memperhatikan barang bawaan Anda, karena pasar ini sangat ramai oleh hiruk pikuk penjual dan pembeli. Jadi untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan alangkah baiknya menjaga barang bawaan Anda dengan baik utamanya barang berharga seperti Handphone dan Kamera.

4. Jangan Membuang Sampah di Sungai

Menjaga kebersihan lingkungan sangat disarankan, agar kita lebih nyaman untuk mengunjunginya. Begitu juga dengan menjaga kebersihan di Pasar Apung ini yang bisa dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya tidak di sungai.
Itulah ulasan mengenai objek wisata Pasar Terapung yang merupakan tempat wisata andalan di Banjarmasin, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar